AYOTEKNO.ID -- Dalam perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Nokia mengumumkan pembaruan strategi perusahaan dan teknologi serta memperkenalkan pembaruan brand sebagai bagian dari transformasi strategis dan jangka panjangnya.
Perusahaan di setiap industri mencari digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi, fleksibilitas, dan produktivitas dengan cara yang berkelanjutan. Jaringan sangat fundamental untuk transformasi ini dan Nokia diposisikan secara unik dengan portofolio terbaiknya, serta teknologi seluler dan jaringan cloud.
Presiden dan CEO Nokia, Pekka Lundmark mengatakan pihaknya melihat potensi digital untuk mengubah bisnis, industri, dan masyarakat dengan peluang keuntungan signifikan dalam produktivitas, keberlanjutan, dan aksesibilitas.
Baca Juga: Honor Magic5 Series Raih Gelar 'Best of MWC', Dijuluki HP dengan Teknologi Terbaik
Dia menilai, teknologi jaringan kritis Nokia semakin dibutuhkan oleh pelanggan dan mitra di setiap industri. Karenanya, pihqaknya melihat masa depan di mana jaringan lebih dari sekadar menghubungkan orang dan benda.
"Mereka mudah beradaptasi, otonom, dan dapat dikonsumsi. Mereka adalah jaringan yang memahami, berpikir, dan bergerak serta mereka memaksimalkan peluang digitalisasi," katanya.
Karenanya, dalam ajang MWC 2023, Pekka Lundmark mengungkapkan strategi perusahaan dan teknologi Nokia yang diperbarui dan fokus untuk menghadirkan potensi eksponensial jaringan demi memelopori masa depan di mana jaringan dan cloud bersinergi.
"Untuk memulai ambisi ini, kami memperbarui brand yang merefleksikan citra kami saat ini untuk menjadi pemimpin inovasi teknologi B2B. Ini Nokia, tapi bukan seperti yang pernah dilihat dunia sebelumnya," ujar Pekka Lundmark.
Baca Juga: Desain dan Spesifikasi Realme C55: Simak Bocoran Terbarunya
pembaruan strategi perusahaan
Nokia juga terus melanjutkan strategi tiga fasenya untuk memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkan. Setelah merampungkan fase reset, Nokia akan terus berakselerasi sambil meletakkan fondasi untuk fase peningkatan menjadi pemimpin teknologi yang tak terbantahkan dan memperluas basis konsumen. Pengumuman tersebut sedianya mendukung target keuangan jangka panjang Nokia yang ditegaskan dengan hasil keuangan Q4 2022.
Strategi perusahaan Nokia yang diperbarui difokuskan pada akselerasi lebih lanjut di enam pilar, di antaranya:
- Menumbuhkan pangsa pasar dengan penyedia layanan, didorong oleh kepemimpinan teknologi yang berkelanjutan;
- Memperluas pangsa perusahaan dengan pelanggan yang beragam;
- Melanjutkan pengelolaan portofolionya secara aktif, untuk memastikan arah menuju posisi terdepan dalam persaingan di semua segmen.
- Menangkap peluang dari sektor-sektor di luar perangkat seluler untuk memonetisasi IP Nokia dan terus untuk berinvestasi dalam research and development (R&D) untuk Nokia Technologies;
- Menerapkan model bisnis baru, seperti as-a-Service; dan
- Mengembangkan ESG sebagai keunggulan kompetitif dan menjadi "penyedia layanan pilihan dan tepercaya" di industri ini.
Untuk mewujudkan pilar-pilar ini, Nokia dilaporkan memiliki empat pendorong utama, yaitu mengembangkan talenta yang tepat dengan masa depan; berinvestasi dalam penelitian jangka panjang terutama di domain utama seperti 6G; mendigitalisasi operasi untuk lebih meningkatkan kelincahan dan produktivitas; serta memperbarui brand.
Baca Juga: Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34 Rilis 15 Maret, Berapa Harga di Indonesia?
Artikel Terkait
Nokia C02 Meluncur dengan Mengusung Baterai yang Dapat Dilepas Seperti Ponsel Jadul, Segini Harganya
Nokia G22 Rilis, HP 2 Jutaan dengan Suku Cadang dan Alat Perbaikan Gratis
Nokia C22 dan C32 Meluncur dengan Kamera 50MP, Harganya Mulai Rp1 Jutaan Aja
Logo Ikonik Nokia Mendapat Perubahan untuk Mengubah Identitas Perusahaan, Apa Maknanya?
Terungkap Alasan Nokia Desain Ulang Logo setelah 60 Tahun, Umumkan Perubahan Strategi Bisnisnya
Nggak Perlu ke Konter, Nokia G22 Mudah Diperbaiki Sendiri, Harganya Cuma Rp2 Juta!
Murah Harga Mulai Rp 1,7 jutaan, Nokia C22 dan Nokia C32 Tawarkan Masa Pakai Baterai 3 Hari, Fitur Memuaskan