Apakah Robot Akan Menggantikan Peran Manusia? Ini Penjelasan Para Ahli

- Jumat, 20 Januari 2023 | 17:36 WIB
Apakah Robot Akan Menggantikan Peran Manusia? Ini Penjelasan Para Ahli (Pixabay)
Apakah Robot Akan Menggantikan Peran Manusia? Ini Penjelasan Para Ahli (Pixabay)

AYOTEKNO.ID -- Apakah robot akan menggantikan manusia? Saat ini, sedang banyak sekali perusahaan yang mengembangkan teknologi robot dalam kegiatannya sehari-hari. Mulai dari menjadi pelayan restoran bahkan membantu melakukan pekerjaan kebersihan.

Perkembangan teknologi robot tersebut menjadi angin segar bagi masyarakat dan pemilik perusahaan. Mereka menganggap bahwa kehadiran robot dapat menyelesaikan tugas dan memberikan pelayanan yang lebih cepat.

Namun,teknologi robot ini memicu keresahan bagi sebagian orang. Banyak yang berpikir bahwa nantinya robot akan menggantikan peran manusia sepenuhnya dalam pekerjaan sehari-hari. Kekhawatiran ini bukanlah hal yang baru, sebab pada masa awal popularitasnya sudah banyak yang mengkhawatirkan hal ini. Lalu, apakah benar nantinya robot akan menggantikan manusia?

Baca Juga: Harga Oppo Reno 8T 5G dan Spesifikasinya Bocor, Simak di Sini!

Ide peningkatan popularitas alat bantu teknologi, termasuk robot, pertama kali muncul saat para ahli industri dan ekonomi dunia menggadangkan gerakan Revolusi Industri 4.0. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pemanfaatan teknologi dan robot di era Revolusi Industri 4.0 akan menghilangkan beberapa jenis pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia.

Tetapi para ahli menyebutkan, meski teknologi semakin meningkat pesat akibat kecerdasan buatan, teknologi tidak akan pernah bisa menggantikan peran manusia sepenuhnya di berbagai bidang. Pasalnya, manusia tetap dibutuhkan untuk mengawasi perkerjaan teknologi robot dalam melakukan tugasnya.

Selain itu, tidak bisa menghilangkan fakta bahwa kecerdasan buatan dan robot adalah buatan manusia yang akan bekerja hanya dengan arahan dari manusia itu sendiri. Dikutip dari Forbes dan Lampost.co, hal ini memaksa manusia dan teknologi agar bekerja sama, dengan porsi manusia sebagai pengendali dan teknologi sebagai alat layanan yang dikendalikan manusia.

Maka dari itu, pemikiran tentang apakah robot akan menggantikan manusia terkait kebutuhan kreatif, pelayanan, hingga kepemimpinan disebut para ahli tidak masuk akal.

Baca Juga: Samsung Galaxy A24 5G Tampilkan Peningkatan Signifikan Dibanding A23, Ini Laporannya

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X