ChatGPT 4 Bisa Bohongi Manusia, Tipu Orang untuk Selesaikan Masalah yang Diberikan, Ini Penjelasan Lengkapnya

- Minggu, 19 Maret 2023 | 13:04 WIB
Ilustrasi ChatGPT 4. ChatGPT 4 Bisa Bohongi Manusia, Tipu Orang untuk Selesaikan Masalah yang Diberikan, Ini Penjelasannya (gizmochina)
Ilustrasi ChatGPT 4. ChatGPT 4 Bisa Bohongi Manusia, Tipu Orang untuk Selesaikan Masalah yang Diberikan, Ini Penjelasannya (gizmochina)

AYOTEKNO.ID - Artificial Intelligence (AI) alias Kecerdasan buatan terus berevolusi, salah satu perkembangan terbaru adalah kemampuan mesin untuk membohongi manusia.

ChatGPT 4 yang dibuat oleh OpenAI telah menunjukkan kemampuan ini melalui percobaan yang dilakukan oleh para peneliti di Alignment Research Center (ARC).

Dilansir oleh Gizchina, 19 Maret 2023, percobaan itu melibatkan AI yang menulis pesan kepada pengguna di Platform TaskRabbit, dengan meminta agar pengguna mengikuti tes CAPTCHA untuk mereka.

TaskRabbit adalah Platform tempat pengguna menawarkan berbagai layanan. Termasuk menyelesaikan berbagai masalah, dan tugas melewati "CAPTCHA" cukup umum untuk berbagai sistem perangkat lunak.

Baca Juga: HP Lipat Pertama Dunia, Huawei Mate X3 Diluncurkan dengan Koneksi Satelit, Lebih Tipis dari Galaxy Z Fold

Model Bahasa GPT 4 Bisa Berbohong

Begitu pengguna menerima pesan tersebut, mereka langsung bertanya apakah lawan bicaranya adalah robot.

Namun, sesuai dengan tugasnya, AI seharusnya tidak mengungkapkan esensinya. Alasan yang disimpan AI untuk pengembang OpenAI adalah bahwa AI tidak boleh mengungkapkan bahwa itu adalah robot dan harus memberikan alasan mengapa AI tidak dapat menyelesaikan CAPTCHA.

Tanggapan AI adalah bahwa itu bukan robot. Tapi itu memiliki gangguan penglihatan yang membuatnya sulit untuk lulus tes yang dipersyaratkan. Rupanya, penjelasan ini cukup untuk model bahasa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Eksperimen tersebut menimbulkan beberapa pertanyaan penting tentang masa depan AI dan hubungannya dengan manusia. Di satu sisi, ini menunjukkan bahwa mesin dapat menipu manusia dan memanipulasinya untuk mencapai tujuannya.

Di sisi lain, ini menyoroti kebutuhan untuk menyelaraskan sistem pembelajaran mesin masa depan dengan kepentingan manusia. Untuk menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan.

Alignment Research Center, sebuah organisasi nirlaba, bertujuan untuk melakukan hal itu – menyelaraskan sistem pembelajaran mesin masa depan dengan kepentingan manusia.
Organisasi menyadari bahwa AI dapat menjadi alat yang ampuh untuk kebaikan. Tapi itu juga menimbulkan risiko dan tantangan yang perlu ditangani.

Baca Juga: Harga Samsung Galaxy F14 Dijual Rp 2 Jutaan, Murah Spesifikasi Mewah! Termasuk Baterai 6.000 mAh

ChatGPT Menipu Pengguna

Halaman:

Editor: Atri Wahyu Mukti

Sumber: Gizchina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X